Argh! Matematika!

Misi membuat desain baju knitting sendiri

Beneran, ada banyak itungan matematika di semua pola knitting dan saya nggak pinter matematika (saya anak IPS). Nilai matematika saya jeblok terus, gagal paham melulu.

Karena penasaran gimana proses mendesain baju knitting, saya “beli” video tutorial di Craftsy yang judulnya Handknit Garment Design oleh Shirley Paden. Ternyata, prosesnya terdiri dari banyak tahapan. Yang paling ribet itu itungan matematikanya. Dari sebuah swatch kotak kecil ukuran sekitar 10 x 10 cm trus bisa disulap jadi bentuk sweater, terus bisa dihitung juga kira-kira benang yang terpakai untuk masing-masing ukuran bajunya bakalan abis berapa meter.. kan edan banget! >.< Itungan matematika di pola knitting itu nggak cuma penjumlahan, pengurangan, tapi ada pembagian, perkalian dan beberapa rumus aneh khas knitting.

in white 3 small
2 swatch sedang di-block

Semalam saya sudah bikin swatch dari 2 jenis benang. Yang putih itu pake Papiput Silky Merino DK – undyed dengan motif cable-lace super simpel. Yang warna krem itu pake Papiput Lace 100 warna Agatis, dua helai dirajut jadi satu (double strand), pake motif stockinette biasa. Saya bikin swatch pake 2 jenis benang itu karena kelihatannya mereka cocok dikombinasikan dalam satu sweater.

Mendesain baju knitting buat saya saat ini rasanya kayak rocket science. Mission impossible. Misi bunuh diri. Tapi kalo nggak dicoba kan nggak tahu. Kalo gagal kan tinggal bongkar (terus nangis di pojokan).

Sambil menunggu swatch-nya kering, saya mau mewarnai benang dulu. Terus nanti malam mau movie date sama BFF saya. Udah baca novelnya, dan novel itu sukses bikin saya nggak bisa move on selama 2 hari. Udah mau 2 bulan menunggu kapan DVD (atau free download)-nya ada. Akhirnya nanti malam mau nonton filmnya!

Eat good food, watch good movie!

sign amelia

 

Author: eatsandknits

A knitter, yarn-dyer, cat lover, mom to 2 kids, bookworm who loves to run slowly and workout at home

2 thoughts on “Argh! Matematika!”

  1. Mba Put~~

    Pas lagi blogwalking, nemu software Custom Fit, software berbayar buat bantu generate itung2an sweater. Desainnya bisa dari koleksi mereka ato desain sendiri. Pernah make, mba? Gimana progress belajar? Semangat~!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s